Tuesday, April 25, 2017

[Parenting] Cerita Mengobati Luka Puting Karena Gigitan Bayi

Puting luka karena menyusui kayaknya cerita yang sering yaa yang kita dengar dari para mama baru. Ketika baru belajar latch on yang benar, ada kalanya kita ngalamin posisi yang salah, alhasil puting jadi luka. 

Dulu pas awal menyusui Kayra, gue pun mengalami hal yang sama. Ketika gue cari tau, ternyata ya itu tadi, latch on atau pelekatan yang salah lah penyebab puting bisa luka. Seinget gue dulu sih gue ngobatinnya gampang, cukup oles-oles goresan luka dengan ASI gue sendiri. Lama-lama luka hilang dan gak sakit lagi. 

Tapi... Masalahnya sekarang diumur Kayra yang 14 bulan ini, bukan posisi latch on lagi yang salah. Melainkan gigitan maut anak bayi yang udah punya 6 gigi kelinci! Gue gak tau yaa kenapa, tapi lately Kayra lagi super ngeselin! Ketika dia lagi asik nyusu langsung, dia suka tiba-tiba gigit sekenceng-kencengnya... lalu dia tarik dan dia lepasss... Behh! Bayangin dong coba tolong, gimana gua gak jerit-jerit kesakitan? Dulu padahal dia gak pernah kaya gitu loh, gue cek gusi-gusinya juga kayaknya ga lagi teething. Mungkin Kayra suka sensasi dimana dia bikin PD gue layaknya ketapel, dan jeritan gue sebagai bahan lucu-lucuannya dia. Dan karena ulah isengnya Kayra akhir-akhir ini, puting gue jadi luka parah, banyak sayatan dimana-mana, dan udah berminggu-minggu gak sembuh juga. :( 

Dengan luka sayatan itu, gue tetep nyusuin Kayra langsung. Pas menit-menit awal dia baru menyusui, rasa sakitnya luarrrrrrr biasa! Lima menit pertama gue habiskan dengan merem-melek, istighfar sambil cubit-cubitin diri gue sendiri. Suamik yang tadinya peduli dan prihatin jadi bete juga lama-lama liat gue nyusuin sambil teriak-teriak. Menderita banget ye kayaknya. Menyusui yang biasanya jadi momen bercanda mesra-mesraannya gue sama Kayra, akhir-akhir ini malah jadi hal yang gue sangat takuti. Suatu malam, gue juga pernah berdua sama Kayra, sama-sama nangis bareng. Ketika Kayra udah super ngantuk dan butuh nenen tapi gue yang gak sanggup lagi karena tiap kali latch on, dia pasti langsung gigit kenceeeng banget dan itu dia lakukan berulang-ulang. Gue stress.. dia juga ikutan stress.. 

Gue sempat cerita sama nyokap, untuk berpikiran "menyapih" dan berhenti menyusui Kayra. Tapi, nyokap bilang, "Kayra masih 14 bulan, kan? Sayang, ah. Sabar aja, kamu juga dulu gigitin mama sampe kaya mau kebelah-belah. Kamu anak baru satu, lah mama? Empat!" Dan akhirnya gue gak jadi menyapih dan mencoba berbagai cara agar puting gue lekas pulih. 

Bagaimana kah? 

Awalnya gue mencari Medela atau Lansinoh yang terkenal banget buat ngobatin luka puting. Gue sempat cari di beberapa online shop tapi stoknya kosong. Gue sempat ke baby shop langganan di ITC pun, dia gak punya stok obat apapun. Alhasil, gue nurut sama suami yang menyarankan untuk pakai minyak tawon. Gue disuruh untuk olesin minyak tawon sesering mungkin. Tadinya gue sempet skeptis, "halah.. minyak tawon banget pak? kek anak SD jatoh, dengkulnya luka, nah olesin minyak tawon deh tuh." Tapi, well, apa salahnya nurut suami? Daripada gak diobatin sama sekali kan? 

Dan akhirnya gue ikutin cara suami, satu jam sebelum menyusui, setelah menyusui, dan satu jam sebelum mandi (supaya gak perih kena air), gue olesi minyak tawon. Hasilnya? Beneran dong jadi gak perih. Pas menit-menit awal menyusui yang tadinya gue dzikir sambil merem-melek, alhamdulillah gak berasa sama sekali sakitnya, walaupun luka sobekannya masih lebar. Pas saya mandi pun gak berasa perih at all! Ah.. bahagianyaaaa. Walaupun repot harus bersihin PD setiap mau menyusui, tapi terbayar kok dengan hilangnya rasa sakit. 

Setelah hampir seminggu gue rutin pakai minyak tawon, gue ngerasa kok lukanya gak perih, tapi gak kunjung sembuh juga. Maksud gue, luka sobekannya masih tetap lebar dan belum kering. Akhirnya gue coba lah kombinasikan minyak tawon dengan obat puting Bepanthen yang jauh lebih gampang dicarinya dibanding Medela atau Lansinoh. Bepanthen ini di apotik pun banyak kok yang jual. Gue coba olesin minyak tawon dulu sebagai lapisan pertama, lalu kemudian gue olesi lagi dengan Bepanthen. Selang beberapa hari gue rutin obatin kaya gini, luka gue lama-lama mengeringgg! Luka sobekan yang awalnya nganga lebar pun sekarang udah mulai merapat lagi berkat si duo combo! Sekarang luka-luka yang kemarin udah sangat sangat membaik, tinggal luka-luka baru aja nih yang harus gue kasih duo combo ini lagi. Abis anaknya masih suka gigit-gigit sih, jadinya luka lama ilang, luka baru muncul. :(

Oh iya, sedikit disclaimer, kayaknya cara ini lebih pas dipraktekin buat yang anaknya udah agak gedean dan intensitas nyusu nya gak sesering newborn yaa. Karena capek juga sih ngelap dan ngolesin obat terus 2 jam sekali. Mungkin kalo anaknya masih newborn Lansinoh kayaknya lebih cocok, karena setau gue si Lansinoh ini kalo ketelen gak masalah. 

Semoga untuk para mama yang sedang desperate ngobatin luka putingnya, duo combo ini bisa membantu, yaa. Dan untuk anak mama paling baik sedunia, nanti pas Kayra gede, Kayra baca ya post mama yang ini, supaya kalau Kayra mau ngambek sama mama, Kayra pikir-pikir lagi yang bener. 

You know how much I love you my dear.. Luka sobek pun mama jabanin asal Kayra tetep happy! 

Love, 
Mama Nidi

2 comments:

  1. Hello moms, aq lagi ngalamin puting luka n skrg lg coba minyak tawon combo bepanthen, mudah2n sembuh jg ya di aq, mkasih ya sharingnya....btw ni pake akun paksu hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo
      sama-sama mom, semoga cepet sembuh yaa lukanya. efek disetiap orang kadang bisa beda-beda soalnya. hehe good luck! :)

      Delete

[Review] Hatomugi Skin Conditioner

Gue akhir-akhir ini lagi cinta banget sama produk skincare satu ini. Harganya yang (sangat) terjangkau, hasil yang memuaskan dan mudah did...